Sperma Bening seperti Air, Kenapa?

TANYA : Prof, saya sudah menikah tujuh tahun dan belum mendapat keturunan. Tahun pertama setelah menikah, istri saya hamil tiga bulan, tetapi mengalami keguguran. Setelah itu, ia menstruasi seperti biasa dan belum mengalami kehamilan sampai sekarang.

Dalam setahun terakhir, saya perhatikan sperma saya kok berubah dan kelihatan encer, bening seperti air saja. Sperma saya tidak seperti tahun sebelumnya di mana sperma itu kelihatan normal. Pertanyaan saya, apakah sperma saya sudah tidak normal lagi sehingga istri saya tidak bisa hamil?

Kalau benar demikian, apakah ada obat yang bisa menyembuhkan atau memperbaiki sperma saya? Terima Kasih Pak Dokter!

Robert Hukubun (42)

JAWAB :  Anda dan pasangan Anda tergolong pasangan yang tidak subur (infertil). Keadaan ini dapat disebabkan karena gangguan kesuburan di pihak Anda atau istri, atau kedua belah pihak. Mengenai kondisi sperma yang Anda katakan berubah sehingga menjadi bening dan kelihatan encer seperti air saja, saya pikir belum tentu benar.

Harus dipastikan melalui pemeriksaan laboratorium, apakah benar sperma Anda mengalami perubahan sehingga istri belum juga hamil? Selain pemeriksaan sperma, juga diperlukan pemeriksaan fisik andrologik untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada organ seksual reproduksi Anda.

Tanpa pemeriksaan itu, sulit menentukan bagaimana keadaan kesuburan Anda dan apa penyebabnya. Masalahnya, apa alasan belum hamil. Di pihak lain, istri juga perlu diperiksa untuk mengetahui keadaan kesuburannya.

Dengan pengobatan yang tepat, semoga kesuburan Anda dan istri menjadi lebih baik dan kehamilan segera terjadi.

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

