Takut Sakit Malam Pertama

TANYA :   Dokter, saya mau bertanya seputar keperawanan. Saya akan menikah sekitar dua bulan lagi, tetapi saya merasa agak sedikit takut pada saat malam pertama saat melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya. Saya takut akan rasa sakit yang akan timbul saat dan setelah melakukannya. Apa yang harus saya lakukan… Atas jawabannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Andita  (23) , Banda Aceh

JAWAB :

Informasi mengenai rasa sakit, apalagi sakit yang berlebihan, ketika melakukan hubungan seksual pertama kali, tampaknya sudah berlebihan. Mungkin juga sudah menjadi semacam mitos. Informasi ini berasal dari masa lalu ketika para istri mengeluh sakit dan mengeluarkan darah (perawan) ketika pertama kali melakukan hubungan seksual.

Pada masa lalu, pengalaman seperti itu benar karena tiadanya keterbukaan informasi tentang seksualitas, apalagi dalam perilaku seksual. Pada masa kini, informasi yang benar tentang seksualitas mudah didapat.

Demikian juga perilaku seksual sudah berubah. Kalau dulu sebelum menikah orang tidak sempat pecaran, kini sebaliknya. Kalau dulu perempuan tidak sempat merasakan rangsangan seksual pranikah, kini sebaliknya. Paling tidak, ketika pergi berdua dengan pacarnya, telah terjadi sentuhan, yang menimbulkan rangsangan seksual.

Pada hubungan seksual pertama kali, rasa sakit menjadi sangat berkurang atau tidak dirasakan bila perempuan terangsang cukup. Jadi Anda tidak perlu takut, kecuali kalau Anda tidak cukup terangsang karena penyebab tertentu. Ketakutan merasa sakit juga termasuk salah satu hambatan psikis yang mengurangi reaksi seksual.

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: