Tak Kunjung Hamil Setelah 4 Tahun Menikah

TANYA :

Prof, kami telah menikah sekitar empat tahun, tetapi kami belum dianugrahi keturunan. Sekitar 3 tahun lalu, istri saya pernah melakukan pemeriksaan USG. Hasilnya normal dan bersih. Kemarin saya juga sudah melakukan analisis sperma, hasilnya normazoospermia.  Tetapi sampai saat ini masih belum diberi keturunan. Pertanyaan saya: 1. Menurut Prof, apa permasalahan kami, sehingga belum juga diberi keturunan? 2. Jika kami ke dokter, apa yang harus kami lakukan? 3. Tahapan apa saya yang dapat kami lakukan? Terima kasih saya ucapkan atas jawabannya Prof…

(Gunawan, 29, Medan)

 

JAWAB :

Apapun hasil pemeriksaan Anda dan suami, tetapi kalau ternyata Istri belum hamil setelah menikah empat tahun, berarti ada masalah sebagai penyebabnya. Masalah itu mungkin hanya berupa kesalahan sederhana sampai ke gangguan yang sulit diatasi, baik pada diri Anda ataupun istri.

Kesalahan sederhana misalnya hubungan seksual tidak teratur sehingga tidak tepat pada saat subur istri. Gangguan kesuburan sebagai penyebab mungkin terjadi pada Anda atau pun pada istri. Kalau hasil analisis sperma Anda benar, berarti kesuburan Anda normal.

Masalahnya, apa memang benar hasil pemeriksaan tersebut? Pemeriksaan sperma tidak semudah seperti yang dipikirkan banyak orang, karena sesungguhnya membutuhkan ketelitian dan pengalaman. Di pihak istri, yang perlu diketahui ialah adakah sel telurnya dan apakah saluran telur serta rahimnya normal atau tidak. Kalau ini belum diketahui berarti masih ada yang perlu diperiksa pada istri Anda.

Untuk analisis sperma, saya sarankan ulang periksa di laboratorium yang terpercaya. Selain itu Anda sendiri perlu mendapat pemeriksaan secara fiisik untuk mengetahui kemungkinan adanya gangguan yang berhubungan dengan kesuburan.

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: